Minggu, Juli 17

Saya selama 20 tahun

Malam ini, mulai galau lagi deh. Teringat lagi akan perjalanan hidup mulai dari kanak – kanak sampai skg, udah 20 tahun :) Mulai dari masih dalam kandungan mama, sampai keluar melihat dunia. Hehe. Thanks to my HERO, JESUS CHRIST. You’re my everything.

Lahir dari latar belakang keluarga yang sederhana, memiliki seorang ayah yang ganteng dan mama yang cantik (* Setiap anak akan mengatakan seperti itu :p ) Ayah kerja sebagai seorang pegawai negeri dan mama  seorang ibu rumah tangga yang punya sedikit usaha seperti proyek kecil – kecilan. Once again, bersyukur banget pada my Hero udah beri ayah dan mama yang baik (*walau kadang dimarah atau dipukul. Iya. Rotan dan kasih itu harus jalan berbarengan.hehehe ), rela korbankan  apapun untuk anaknya tanpa terkecuali, terlebih kerja keras untuk dapatin duit sekolah kami. Bukan hal yang gampang. Banting tulang untuk membayar biaya sekolah kami ber-6. Bayangin aja, waktu itu kira – kira saya masih SD, tiga orang kakak saya kuliah. Yang jaraknya satu tahun doang. Setelah Jogi lahir (adik bungsu ), ayah pergi nyusul untuk kuliah lagi. So,  4 orang anggota keluarga saya berkuliah diluar kota. Dan lengkaplah penderitaan kami. Hehehe. Tapi lagi – lagi saya harus bersyukur pada My Hero, selalu dan selalu mencukupkan apa yang kami butuhkan. Kami yg di Merauke maupun di jogja, gak pernah merasakan yang namanya kelaparan. Padahal logikanya, kalau cuma hanya mengandalkan gaji, mana bisa -_-


Kami punya kios kecil didepan rumah. Setiap pulang sekolah, giliran saya untuk jaga. Saya sgt suka jaga kios. Ya iya, gimana gak suka, wong barangnya habis dimakan.haha. Cyndi tugasnya jagain&mandiin jogi. Mama pergi jualan pakaian sambil nagih hutang. Dengan motor GL-pro nya, cieee.hehe setiap sore, gak kenal lelah, gak tahu yang namanya capek. Kalau dalam sinetron, episode ini yang cepat banget buat saya nangis.

Dulu, pernah sore – sore gitu, waktu mama pulang dari jualan pakaian. Dan saya lagi main kelereng tuh didepan rumah. ( What? Kelereng? Ya! Saya memang tomboy. Bahkan sampai sekarang lho :p ) Dengan tampang saya yang masih lugu, main sendirian. Tiba – tiba saya dipeluk mama, sambil nangis. Mungkin karena melihat saya bermain sendirian sambil jaga kios kali ya? Jadi terharu.
  Iya, dulu saya memang anak yang baik :) Penurut, rajin menjaga kios, rajin ngisi minyak tanah, rajin mencuci piring, rajin ngurut mama dan ayah, rajin belajar sehingga dulu sll dapat ranking (*waktu SD loh ya. Setelah itu gelap.hehehe ), dan rajin menghabiskan jajanan kios (*huahahaha. Itu sih nakal namanya :p )


Singkat cerita, kakak saya yang kedua ( Kak Imel ) selesai, setelah itu kakak saya yang pertama ( Kak iyen ), dan Bang Korchnoi, terakhir ayah saya, kami semua sempat kumpul bareng di Merauke. Seringkali waktu natal. Suasana natal memang paling romantis (*ceileh romantis :p ). Jarang banget memang, karena bang Noi kerja di Jakarta. Sayang banget sm mereka karna sangat baik dan mendidik (* Walau kadang – kadang bertengkar, yah jarang juga c ) Mungkin karena jarak kami yang jauh.


Tiba saatnya saya memasuki masa – masa remaja. Yang katanya penuh dengan warna. Benar juga sih masa remaja itu dikatain masa penuh warna, karena didalamnya mengandung unsur
  manis, pahit, asam, pedis, dan asin. Pokoknya seperti nano – nano lah :p Eh salah. Seperti unsur – unsur dan rumus – rumus  dalam pelajaran Kimia.hahaha
SMP, seperti anak puber lainnya, saya juga rasa yang namanya jatuh cinta (*cinta monyet ) Saya merasakan yang namanya berbohong pada orang tua. Saya rasakan yang namanya malas, malas, dan super malas BELAJAR. Malasnya P A R A H. Nilai saya hancur. Semua karena saya sudah mengenal cinta. Huhahahaha seperti terlalu mendramatisir keadaan. Tapi itulah kenyataannya. Sisi positifnya, saya jadi punya banyak sahabat, saya punya teman – teman yang baik. Eets lupa, gak jarang juga saya punya musuh (* maklum masih SMP. LABIL ) Saya merasakannya :) Ya semua saya jadikan sebagai pengalaman hidup yang memang harus saya lalui. Yang salah biarlah dibuang aja, yang benar saya ambil. Walau pun banyakan gak benernya  -_- hehehe.  Andai waktu bisa diputar, dan andai saja saya punya alat pemutar waktunya doraemon, rasanya pengen perbaiki semua yang salah pada masa – masa dulu.  Agar semua yang tersisa, menjadi manis saja. Tapi waktu gak bisa diputar. Dan saya tetap merasa bersyukur to my HERO :)



Tinggalkan masa LABIL, saatnya memasuki masa GALAU. Gila. Dalam pikiran saya dulu, SMA boooook! Udah dewasa. Udah bisa pulang malam, tanpa harus dicerewetin terus sm mama. Dan pastinya udah bisa pacaran. Huahahaha. Tapi sepertinya saya terlalu banyak berpikir. Kenyataan ga seperti harapan. Masih tetap dilarang keluar malam, apa lagi pacaran. Dilarang K E R A S. Tapi karena kelabilan saya, saya memilih yang salah. Dan baru saja saya menyadari itu. Setelah sekian lama, baru saya sadari? Haha gila gak tuh! Semua saya sikat. Keluar malam, berbohong, pacaran, semua saya lakukan tanpa ditahu ayah dan mama. Entah beneran gak tahu, atau pura – pura gak tahu :p

80 % orang di dunia mengatakan, SMA adalah masa – masa paling indah :) 3 tahun mmg terasa begitu cepat. Rasanya pengen rasain lebih lama lagi. Di SMA saya mendapat berbagai pengalaman hidup. Mulai dari yang indah, sampai yang buruk. Saya belajar banyak hal. Saya jadi ngerti arti persahabatan sesungguhnya, ngerti arti bersaing secara sehat, ngerti peran seorang guru dalam hidup saya. Saya rasa juga yang namanya disakiti. Saya merasakan semua yang anak muda rasakan. Saya merasa, semua yang saya lakukan saat itu benar. Tanpa beban, selalu berbuat semena – mena. Memang selalu hanya ada dua pilihan dalam hidup ini. Baik atau buruk. Gak jarang saya memilih yang baik, Gak jarang pula saya milih yang buruk.
Dag dig dug L Sampai juga pada pengumuman kelulusan. Hal yang kami tunggu – tunggu semasa SMA. Antara harus takut dan harus senang. LABIL lagi deh. Takut gak lulus, takut berpisah dengan teman – teman. Senangnya kalau lulus, harus lanjut kuliah. Dulu yang ada dibenak saya tentang kuliah, semuanya serba enak. Boleh pakai baju bebas, boleh masuk, boleh gak. Apalagi kalau jauh dari orang tua. Bisa melakukan semuanya yang saya mau. Kan orang tua gak tahu.Hehehe (*ini pikiran saya dulu lho :p sekarang enggak.)
Saya lulus dengan hasil yang bisa dibilang memuaskan. Walaupun sampai detik ini saya masih merasa gak pantas, merasa gak percaya, dan merasa bingung. Tapi saya percaya satu hal, di dunia ini gak ada yang namanya kebetulan. Semua dirancang Bapa di Surga dengan rapih!

Pengacara, designer, atau pekerja seni. Ini salah tiga dari cita – cita saya dulu. Gak ada dalam benak saya untuk jadi seorang dokter. Pertama kali saya memikirkan untuk kuliah kedokteran tepatnya kelas 3 SMA. Lihat teman – teman pada suka ngambil jurusan itu, dan mungkin lebih tepatnya karena disuruh mama. Diiming – imingi banyak janji. Hehehehe dan akhirnya saya tertarik. Saya suka, saya pengen, dan saya pergi ke Manado.

Di Manado inilah saya merasakan yang namanya KEGAGALAN. Sakit gak? Jangan ditanya. Karena rasanya seperti ditampar. Kurang, hati saya seperti disilet – silet, dicabik – cabik. Pada saat itu saya marah sama my HERO. Saya marah sama mama. Saya salahkan mama dan ayah. Tiap hari, hanya menangis. Serasa gak ada lagi yang bisa saya buat selain nangis. Saya merasa dipermainkan. Saya gak terima! Andai saat itu saya diijinkan memukul orang – orang biadap itu, rasanya pengen cekek leher mereka sampai mati. Janji palsu doang. Taunya semua duit masuk Univ dibawa lari mereka. Bersenang – senang diatas penderitaan orang tua saya. Mereka telah mengambil setahun hidup saya! Saya berubah. Menjadi orang pesimis, gak mau bergaul, berpikir negatif tentang orang lain.



Tapi akhirnya saya sadar. My HERO ijinkan itu semua terjadi, karena my HERO sayang, sayang, sayang banget sama saya. Saya menyesal sudah marah sama my Hero. Saya nyesal udah menyalahkan ayah dan mama. Dan saya pun menyesal sudah memaki, bahkan berniat untuk membunuh orang – orang itu. Hehehe


Saya mencoba untuk menjalani hari – hari ke depan. Ditemani sahabat saya, Maya, Erlan, dan Fithi. Makasih buat my maya :) Muah. My erlan, my fithi. Kalian yang terbaik. Walau kadang merasa malu melihat teman – teman berhasil masuk, tetap berbesar hati. Setahun saya kuliah di kedokteran Gigi. Melewati masa – masa sulit, dan saya berhasil masuk jurusan impian saya ditahun 2010. Setelah berusaha mencoba di Makassar, akhirnya toh kembali juga ke kandang awal.hehehe Dan saya percaya ada maksud Tuhan dibalik itu semua.



Hingga sekarang saya sehat – sehat, tambah gemuk (gak seperti waktu itu kurus karena stress.hehe), dan udah bisa tertawa bebas. Gak putus – putusnya dan gak akan pernah bosan saya ucapkan terima kasih pada My HERO, JESUS CHRIST. Allah saya yang MAHA TINGGI. MAHA KASIH.
Mama, ayah yang sudah korbankan semua buat saya. Materi yg begitu banyak, tenaga, pikiran, air mata. Makasih banyak mama, makasih ayah 
:( sungguh gak ada yang paling membuat saya sedih ketika melihat air mata ayah dan mama. Makasih banyak sekali lagi. Saya punya satu doa yang ga pernah putus saya sampaikan pada My HERO. Agar ayah mama boleh sehat, menyaksikan saya menjadi seperti yang ayah mama inginkan. Be a doctor. Doakan saya terus :)


Sekarang waktunya saya melanjutkan hidup saya :) Perjalanan masih sangat panjang. Berharap yang terbaik selalu diberikan my Hero buat saya. Dan ZzZzZzZ saya tidur dulu :) JESUS BLESS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar